Pengaruh Kompetensi Dosen dan Minat Belajar terhadap Kemampuan English conversation melalui Learning Motivation sebagai Variabel Mediasi pada Taruna Akademi Kelautan Banyuwangi
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan kualitas komunikasi berbahasa Inggris di lingkungan pendidikan vokasi maritim, khususnya kemampuan English conversation yang menjadi standar profesional dalam dunia pelayaran internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dosen dan minat belajar terhadap kemampuan English conversation dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain explanatory research dan analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Square (SEM-PLS). Sampel penelitian sebanyak 120 taruna dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian divalidasi melalui uji outer model dan reliabilitas menunjukkan nilai yang memenuhi standar statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar maupun kemampuan English conversation. Selain itu, motivasi belajar terbukti memediasi hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap kemampuan conversation. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran English conversation harus berfokus pada penguatan kompetensi pedagogik dosen, peningkatan minat belajar taruna, dan optimalisasi motivasi belajar sebagai pendorong keterampilan berbicara. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Inggris pada pendidikan vokasi maritim.
Referensi
Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2021). Systematic approaches to a successful literature review (3rd ed.). SAGE Publications.
Bryman, A. (2020). Social research methods (6th ed.). Oxford University Press.
Creswell, J. W. (2021). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
Firmansyah, D. (2022). Learning interest and intrinsic motivation in language learning. Jurnal Pendidikan dan Kebahasaan, 7(1), 45–56.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2021). How to design and evaluate research in education (11th ed.). McGraw-Hill.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2020). Foundations of behavioral research (5th ed.). Wadsworth.
Lestari, S. (2023). Minat belajar dan aktivitas speaking mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 30–42.
Neuman, W. L. (2019). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (8th ed.). Pearson.
Ramadhani, N. (2023). Lecturer competence and motivation in EFL learning. Journal of Educational Research, 9(3), 210–222.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2020). Research methods for business: A skill-building approach (8th ed.). Wiley.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno, A. (2022). Validity indicators in SEM-PLS analysis. Jurnal Statistika, 10(2), 77–89.
Wijaya, A., & Hassan, M. (2022). Instructor competence and learner engagement in speaking classes. Journal of ELT Studies, 8(1), 56–68.
Yulianti, F., & Prasetyo, A. (2023). Factors influencing speaking skills among vocational students. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(2), 101–112.