Integrasi AI dalam Kurikulum untuk Pembelajaran Berkualitas dan Berdampak

  • Rizky Kurniati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Integrasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam kurikulum menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan di era digital. Artikel konseptual ini membahas urgensi penerapan AI sebagai bagian integral dalam desain pembelajaran modern. Melalui kajian pustaka mendalam, artikel ini menggambarkan potensi AI dalam mendukung pembelajaran adaptif, personalisasi materi, optimalisasi asesmen, hingga efektivitas manajemen pembelajaran oleh guru. Selain manfaat tersebut, artikel ini juga menguraikan tantangan implementasi seperti kesiapan guru, kesenjangan infrastruktur, bias algoritma, hingga isu etika dan perlindungan data. Kajian ini menegaskan bahwa integrasi AI membutuhkan strategi komprehensif dari pemerintah, sekolah, dan pemangku kepentingan pendidikan agar teknologi dapat digunakan secara bertanggung jawab dan berdampak positif pada kualitas pembelajaran.

References

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2022). Artificial Intelligence in Education. Center for Curriculum Redesign.
Kemendikbudristek. (2024). Strategi Transformasi Digital Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbudristek.
Luckin, R. (2021). Machine Learning and Human Intelligence: The Future of Education in the 21st Century. UCL Institute of Education Press.
OECD. (2023). AI and the Future of Skills. Organisation for Economic Co-operation and Development.
UNESCO. (2022). Guidance for Generative AI in Education and Research. UNESCO Publishing.
Published
2025-11-25
How to Cite
KURNIATI, Rizky. Integrasi AI dalam Kurikulum untuk Pembelajaran Berkualitas dan Berdampak. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 269-273, nov. 2025. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/7483>. Date accessed: 06 dec. 2025.