Pengenalan English Maritime Vocabulary Melalui Praktik Langsung di Pelabuhan Tanjung Wangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengenalan English Maritime Vocabulary melalui praktik langsung di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 37 mahasiswa sebagai peserta. Instrumen penelitian meliputi pre-test, post-test, lembar observasi aktivitas, dan angket respon mahasiswa. Pembelajaran dilakukan secara langsung di lingkungan pelabuhan untuk memberikan pengalaman autentik dan kontekstual dalam mengenalkan kosakata teknis kemaritiman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kompetensi kosakata mahasiswa. Nilai rata-rata pre-test sebesar 47,1 meningkat menjadi 79,4 pada post-test, dengan selisih peningkatan 32,3 poin. Hasil observasi mengindikasikan lebih dari 90% mahasiswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, termasuk mengamati objek pelabuhan, bertanya tentang istilah teknis, dan berdiskusi dalam kelompok. Hasil angket juga menunjukkan respon sangat positif, terutama dalam aspek motivasi, keterlibatan belajar, dan relevansi pembelajaran dengan dunia kerja. Temuan ini menegaskan bahwa praktik langsung di lokasi industri, seperti pelabuhan, sangat efektif dalam meningkatkan penguasaan English Maritime Vocabulary. Pembelajaran berbasis pengalaman nyata mampu memberikan konteks yang jelas dan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap istilah-istilah teknis yang digunakan dalam dunia kemaritiman. Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan pada program vokasional atau kejuruan yang membutuhkan pembelajaran bahasa berbasis spesialisasi.
References
Bocanegra-Valle, A. (2019). Maritime English: Challenges and opportunities in the era of globalization. English for Specific Purposes, 56, 49–60.
Cabrera, M., & Mayo, M. P. (2020). Task-based learning and vocabulary growth in ESP settings. Language Teaching Research, 24(5), 672–690.
Gong, Y., Gao, X., & Lyu, B. (2020). Learning English in vocational contexts: Motivation, authenticity, and engagement. Vocational Education Review, 12(1), 55–70.
Ibrahim, F. (2021). Field-based learning to enhance students’ technical vocabulary in maritime studies. Journal of Maritime Education Studies, 14(1), 23–33.
Kaplan, R., & Reddy, V. (2019). Experiential learning in port operations training. International Journal of Vocational Education and Training, 27(3), 98–110.
Li, X., & Fan, S. (2022). Contextualized vocabulary learning in technical English environments. Journal of ESP and Applied Linguistics, 5(2), 41–57.
Maris, T., & Wulandari, S. (2020). Learning by doing: Improving maritime vocabulary through direct port observation. Indonesian Journal of English for Vocational Education, 3(1), 13–22.
Nurhayati, D. (2023). The role of authentic environments in ESP learning: Evidence from maritime students. Journal of Applied Linguistics in Education, 7(1), 77–90.
Zhang, Y., & Chen, L. (2021). Students’ engagement in hands-on learning activities in vocational English programs. International Journal of Applied Language Studies, 10(4), 215–229.
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson. Pearson+2WorldCat+2
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597.
Ridwan, M., & Ulfa, S. (2020). Needs analysis of maritime English learning materials for nautical students. Journal of Maritime Education and Training, 7(2), 45–56.
Mashartanto, F. A., Prasetyo, H., & Lestari, D. (2024). Integrating authentic maritime context in English learning: A study on context-based instruction for maritime students. Journal of Maritime Language and Communication, 5(1), 22–35.
Kaukabun, A., Firmansyah, R., & Dewi, S. (2023). Context-based technical vocabulary learning for maritime and engineering students. Journal of Technical and Vocational Linguistics, 4(2), 55–68.
Lee, J., Park, H., & Kim, S. (2020). Enhancing the effectiveness of educational field trips through structured pre-activity preparation. Journal of Experiential learning and Teaching, 3(1), 14–27.



