Ketidakadilan Akibat Ketiadaan Regulasi Artificial Intellegence dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia
Abstract
Kehidupan modern tidak akan pernah luput dari derasnya arus perkembangan teknologi, menghadirkan transformasi baru yang secara garis besar merubah tatanan dunia terutama dari ekonomi dan bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana teknologi Artificial Intelligence (AI) telah dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, serta menelaah potensi ketidakadilan yang muncul akibat perbedaan akses dan ketiadaan regulasi. Penelitan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan dan pendekatan konseptual berbasis teori keadilan John Rawls. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan AI di masyarakat belum merata dikarenakan belum adanya regulasi yang mengatur secara khusus terkait penggunaan AI, sehingga hal ini menimbulkan ketidakpastian hukum dan ketidakadilan disektor ekonomi dan bisnis, terutama sektor pariwisata. Hasilnya menekankan pentingnya diadakan regulasi penerapan AI guna menciptakan keadilan dan mendukung prinsip keadilan distributif dalam bidangnya.
References
Andra Triyudiana, N. P. S. N. (n.d.). Penerapan Prinsip Keadilan Sebagai Fairness Menurut John Rawls Di Indonesia Sebagai Perwujudan Dari Pancasila.
Asadi, F. (2024). Studi Literatur Regulasi dan Etika Artificial Intelligence ( AI ) dalam Kebijakan Kedokteran Presisi ( Precision Medicine ). 14(1), 59–65.
Bygstad, B., Egil, Ø., Ludvigsen, S., & Dæhlen, M. (2022). Computers & Education From dual digitalization to digital learning space : Exploring the digital transformation of higher education. 182(February). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104463
Cahyana, A., & Iswati, S. (2025). Epistemology Accounting in The Digital Era : Truth and Transparency Through Artificial Intelligence and Big Data. 12(2), 295–305.
Chun-Min Kuo, Li-Cheng Chen, C.-Y. T. (2017). International Journal of Contemporary Hospitality Management. 29(5). https://doi.org/10.1108/IJCHM-08-2015-0414
Dwi, A., Prasetyo, P., Sarwono, A. W., & Nugroho, A. Y. (2025). INTELLIGENCE-BASED TECHNOLOGY IN HERITAGE TOURISM DESTINATIONS CASE STUDY : TAMAN SARI YOGYAKARTA. 2(3), 3590–3599.
Gretzel, U., Sigala, M., Xiang, Z., & Koo, C. (2015). Smart tourism : foundations and developments. August. https://doi.org/10.1007/s12525-015-0196-8
Huang, X., Li, H., Huang, L., & Jiang, T. (2023). Research on the development and innovation of online education based on digital knowledge sharing community. BMC Psychology, 1–13. https://doi.org/10.1186/s40359-023-01337-6
Idejiora-kalu, N. (2024). Epistemology in AI ( Transdisciplinary. 15, 135–152. https://doi.org/10.22545/2024/00244
Koswara, A. (2025). AI and Big Data in Tourism : Mapping Geographic Keywords for Indonesian Destinations. 1(1), 21–34.
Nugeraha, Z, A, N. (2025). Analisis Integrasi Artificial Intelligence terhadap Hak Kekayaan Intelektual : Pertanggungjawaban Hukum Mengenai Hak Kekayaan Intelektual atas Penggunaan AI Dalam Pembuatan Karya Cipta. 04(02), 278–286.
Nurintiara, A. (2025). Tinjauan Dampak Artificial Intelligence terhadap Mahasiswa Hukum dan Urgensi Pembentukan Regulasi Penggunaannya.
Pohan, Z. R. H., Idris, M. N., Ramli, R., Anwar, A., & Paisal, J. (2023). Sejarah Peradaban Dan Masa Depan Kesadaran Manusia Pada Posisi Ontologis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Perspektif Alquran. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.47498/bashair.v3i1.2030
Saputra, D. A. (2025). Legal Drafting Berbasis Artificial Intellegence : Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal of Multidisciplinary, 2(1), 1053–1059. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1.2603
Setiawan, B. (2024). Sentuhan Artificial Intellegence dalam Promosi Digital pada Desa Wisata di Indonesia. 8(3), 90–100.
Sovrano, F., Vitali, F., Ashley, K., & Leonid, P. (2025). How to Improve the Explanatory Power of an Intelligent Textbook : a Case Study in Legal Writing. 987–1021. https://doi.org/10.1007/s40593-024-00399-w
Yolanda, V. E., & Rakhmawati, A. (2025). Peran Literasi Digital dan Penerapan Teknologi Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Bussiness Performance Study On Indonesian Hospitality. 4(2), 6252–6257.



