Analisis Hambatan Belajar Siswa SMPK Adisucipto Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Prisma

  • Gratia Ina Putriyani Lopes Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hambatan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar prisma bagi siswa SMP kelas VIII di SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang. Adapun tujuan dari dilakukannya observasi ini diantaranya: 1). Mengidentifikasi karakteristik siswa-siswi dalam menghadapi pembelajaran, 2). Mengetahui kemampuan siswa dalam materi bangun ruang sisi datar prisma, 3). Mengetahui hambatan belajar siswa dalam pembelajaran terkhususnya materi bangun ruang sisi datar prisma, 4). Memecahkan masalah dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg dan Gall. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah analisis hambatan belajar siswa dalam menyelesaikan soal – soal bangun ruang sisi datar prisma serta populasinya adalah siswa – siswi kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel dari kelas VIIIC yang berjumlah 32 orang.

Published
2024-12-31
How to Cite
PUTRIYANI LOPES, Gratia Ina; LETON, Samuel Igo. Analisis Hambatan Belajar Siswa SMPK Adisucipto Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Prisma. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1059-1070, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5923>. Date accessed: 07 dec. 2025.