Transformasi Keterampilan Pemasaran Digital UMKM “Rumah Mandiri” di Desa Sidoharjo, Kulon Progo

  • Tri Siwi Agustina Universitas Airlangga
  • Nuri Herachwati Universitas Airlangga
  • Dian Ekowati Universitas Airlangga
  • Sony Kusumasondjaja Universitas Airlangga
  • Chorry Sulistyawati Universitas Airlangga
  • Sri Gunawan Universitas Airlangga
  • Nurul Khaira Universitas Airlangga

Abstract

Desa Sidoharjo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu, di dusun tersebut terdapat 2 (dua) produk unggulan yaitu kopi yang dikenal dengan Kopi Menoreh dengan citarasa yang khas serta Kripik Talas dengan berbagai varian rasa. Sayangnya pemasaran yang dilakukan masih kurang optimal. Hasil dari survey awal adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan tentang Whatsapp dan Instagram untuk media pemasaran. Tim Pengabdian Masyarakat S1 Manajemen FEB Universitas Airlangga telah menyusun program pelatihan dan pendampingan bagi UMKM Rumah Mandiri untuk dapat bertransformasi dalam pemasaran digital. Pelatihan dan pendampingan dilakukan sejak bulan Oktober hingga Desember 2024. Hasil yang didapatkan peserta mulai dapat menunjukkan perubahan dalam penyusunan postingan, kualitas gambar, pembuatan caption pada akun media sosial mereka. Diharapkan setelah program pengabdian masyarakat ini, para UMKM dapat lebih mandiri dan rutin dalam memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mencapai target pemasaran yang lebih luas.

Published
2024-12-31
How to Cite
AGUSTINA, Tri Siwi et al. Transformasi Keterampilan Pemasaran Digital UMKM “Rumah Mandiri†di Desa Sidoharjo, Kulon Progo. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 898-909, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5912>. Date accessed: 25 feb. 2025.