Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Volume Tabung Dan Luas Permukaan Tabung Kelas VIIA SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume tabung dan luas permukaan tabung. Populasi dalam pengamatan ini adalah kelas VII SMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui, dengan sampel seluruh siswa siswi kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa. Pengamatan ini merupakan pengamatan desain menggunakan kerangka didactical design research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi. Hasil pengamatan menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Hal ini dikarenakan siswa belum menguasai materi prasyarat dan konsep dasar matematika, yaitu perkalian dan pembagian. Siswa juga kurang teliti dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan volume tabung dan luas permukaan tabung. Oleh karena itu penguasaan materi prasyarat dan konsep dasar matematika sangatlah penting dikuasai oleh siswa agar memudahkan siswa dalam memahami materi volume tabung dan luas permukaan tabung.



