Hubungan Antara Pengetahuan Keanekaragaman Hayati Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa

  • Syapira Syapira Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • R. Ading Pramadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menggambarkan pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati, mengetahui sikap peduli lingkungan siswa, dan menganalisis hubungan antara pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati dengan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini melibatkan populasi siswa kelas X di SMAN 25 Bandung dengan sampel sebanyak 71 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, berupa uji Korelasi Pearson dan uji Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pengetahuan siswa mengenai keanekaragaman hayati tergolong tinggi, sedangkan sikap peduli lingkungan siswa berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pengetahuan keanekaragaman hayati dengan sikap peduli lingkungan siswa. Hubungan tersebut dikategorikan "cukup kuat†berdasarkan nilai korelasi (R) sebesar 0,423. Pengetahuan keanekaragaman hayati memberikan kontribusi sebesar 17,9% terhadap sikap peduli lingkungan, sedangkan 82,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Published
2024-12-30
How to Cite
SYAPIRA, Syapira; PRAMADI, R. Ading; YULIAWATI, Astri. Hubungan Antara Pengetahuan Keanekaragaman Hayati Dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 665-675, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5892>. Date accessed: 07 dec. 2025.