Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Pencernaan

  • Firyal Rifdah Rachman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Muttaqin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Milla Listiawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa, salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaaan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA siswa SMP pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment tipe non equivalent control group design. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis dengan melakukan uji t dengan menggunakan bantuan Ms. Excel. Diperoleh data rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,54 dan kelas kontrol sebesar 63,12 dan berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t pada α = 0,05 diperoleh nilai thitung ≥ ttabel, (1,71 ≥ 1,67). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan.

Published
2024-12-30
How to Cite
RACHMAN, Firyal Rifdah; MUTTAQIN, Muhammad; LISTIAWATI, Milla. Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Pencernaan. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 850-858, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5867>. Date accessed: 07 dec. 2025.