Analisis Hambatan Belajar Siswa Melalui Desain Didaktis Materi Refleksi Terhadap Garis Y=X Dan Garis Y=-X

  • Anastasia Lorensa Laka Universitas Katolik Widya Mandira
  • Kristoforus Djawa Djong Universitas Katolik Widya Mandira
  • Maria Gracia Manoe Gawa Universitas Katolik Widya Mandira
  • Samuel Igo Leton Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa sering mengalami berbagai hambatan selama proses pembelajaran. Hal ini menjadikan siswa kurang mampu memahami materi yang ada, sehingga berdampak pada kemampuan matematis dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu hambatan-hambatan yang dialami siswa perlu dianalisis, agar kemudian dapat diberikan solusi untuk dapat mengurangi atau bahkan mengatasi hambatan yang dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar yang dialami siswa dalam materi refleksi khususnya terhadap garis y=x dan terhadap garis y=-x serta memberikan solusi untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran yang dialami siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA NEGERI 5 KUPANG kelas XI L terhadap 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa penelitian desain didaktis (didactical design research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah suatu desain didaktis alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, transformasi geometri materi refleksi terhadap garis  dan garis .

Published
2024-12-30
How to Cite
LAKA, Anastasia Lorensa et al. Analisis Hambatan Belajar Siswa Melalui Desain Didaktis Materi Refleksi Terhadap Garis Y=X Dan Garis Y=-X. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 692-700, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5856>. Date accessed: 07 dec. 2025.