Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Mengatasi Masalah Pembelajaran Pneumatik dan Hidrolik Dalam Era Pembelajaran Abad 21
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam mengatasi kendala pembelajaran pneumatik dan hidrolik di SMKN Tambakboyo. Pendekatan konvensional dalam pengajaran topik ini sering menemui kesulitan, terutama dalam hal keterbatasan peralatan laboratorium dan waktu praktik yang tersedia, sehingga siswa tidak memperoleh pemahaman menyeluruh. AR menawarkan solusi inovatif dengan memberikan representasi visual tiga dimensi dari komponen-komponen pneumatik dan hidrolik secara interaktif. Dengan AR, siswa dapat memahami mekanisme internal dengan lebih baik tanpa perlu perangkat fisik yang mahal. Selain meningkatkan pemahaman, teknologi ini juga meningkatkan motivasi siswa. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA untuk memperoleh hasil studi terkait. Hasil menunjukkan bahwa penerapan AR meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam topik pneumatik dan hidrolik.



