Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Di SD Negeri Serang 11
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri Serang 11 serta upaya guru dalam meningkatkannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Kondisi jasmaniah siswa tergolong baik, namun minat siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila tergolong rendah, terlihat dari kurangnya fokus dan ketertarikan selama pembelajaran. Faktor eksternal, seperti metode pembelajaran yang monoton, juga berkontribusi terhadap rendahnya minat siswa. Sebagai upaya untuk meningkatkan minat siswa, guru mencoba menggunakan metode permainan dan pembelajaran di luar kelas, yang bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini menyoroti pentingnya variasi metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa.



