Analisis Permasalahan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IX B SMP Negeri 12 Magelang
Abstract
Pembelajaran matematika pada tingkat SMP menghadapi berbagai permasalahan yang menghambat proses belajar mengajar. Salah satu bentuk permasalahan yang dihadapi adalah tidak terpenuhinya Tujuan Pembelajaran sesuai yang direncanakan. Analisis permasalahan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas IX B SMP Negeri 12 Magelang dan menentukan solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Proses analisis dimulai dengan mengumpulkan data melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif berbentuk deskripsi. Dari hasil analisis, ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, yakni kurangnya pemahaman dasar matematis siswa akibat pandemiĀ Covid-19 yang berdampak pada berbagai aspek seperti Tujuan Pembelajaran yang tidak tercapai.



