Implementasi Praktikum Perubahan Wujud Benda Berbasis Pembelajaran Sosial Dan Emosional: Sebuah Kajian Literatur

  • Sherly Anisa Utami Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Suratno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fatihaturosyidah Fatihaturosyidah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Artikel ini mengkaji implementasi praktikum perubahan wujud benda berbasis pembelajaran sosial dan emosional (SEL), yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sains, keterampilan sosial, dan perkembangan emosional siswa. Pembelajaran sains sering kali terhambat oleh kecemasan dan keterbatasan pemahaman siswa, sementara SEL dapat membantu mengatasi hambatan-hambatan ini dengan mengembangkan keterampilan interpersonal dan pengelolaan emosi. Melalui kajian literatur, ditemukan bahwa pendekatan praktikum berbasis SEL yang melibatkan metode seperti bioentrepreneurship, Problem Based Learning (PBL), video, dan eksperimen langsung dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap perubahan wujud benda dan memperkuat keterampilan sosial, seperti kerjasama, komunikasi, dan pengelolaan emosi. Kesimpulannya, integrasi SEL dalam praktikum sains memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh, yang tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pengembangan karakter sosial dan emosional siswa, yang berdampak positif terhadap kualitas pendidikan.

Published
2024-12-28
How to Cite
UTAMI, Sherly Anisa; SURATNO, Tatang; FATIHATUROSYIDAH, Fatihaturosyidah. Implementasi Praktikum Perubahan Wujud Benda Berbasis Pembelajaran Sosial Dan Emosional: Sebuah Kajian Literatur. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 232-242, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5805>. Date accessed: 07 dec. 2025.