Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Siswa Sekolah Dasar

  • Vira Septia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firman Robiansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Oki Suprianto Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas pembinaan karakter peduli lingkungan siswa sekolah dasar melalui Program Adiwiyata, sebuah inisiatif pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga pada kesadaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam pembinaan karakter meliputi integrasi pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum, kegiatan praktis seperti penanaman pohon dan pengelolaan sampah, serta keterlibatan komunitas. Melalui kegiatan ini, siswa diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan dampak perilaku mereka terhadap ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam Program Adiwiyata menunjukkan peningkatan kesadaran dan sikap positif terhadap lingkungan. Meskipun ada tantangan seperti kurangnya konsistensi dalam penerapan program dan variasi minat siswa, solusi seperti peningkatan pelatihan bagi guru dan kegiatan menarik dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Kesimpulannya, Program Adiwiyata berpotensi besar dalam membentuk generasi yang peduli lingkungan, sehingga penting untuk terus mengembangkan dan mendukung inisiatif ini di sekolah-sekolah dasar.

Published
2024-12-28
How to Cite
SEPTIA, Vira; ROBIANSYAH, Firman; SUPRIANTO, Oki. Pembinaan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 180-185, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5796>. Date accessed: 07 dec. 2025.