Dampak Integrated Project Based Blended learning (IPjB2L) Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning: a Systematic Review

  • Epong Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Khaerudin Khaerudin Universitas Negeri Jakarta
  • Murni Winarsih Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Adanya perkembangan teknologi dan informasi yang meningkat mempengarui cara belajar dan mengajar guru. Project based learning memungkinkan siswa belajar dalam memahami kondisi nyata sehingga akan membantu siswa dalam memahami materi secara aplikatif yang dekat dengan kehidupannya. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui dampak integrated project based blended learning terhadap peningaktan self regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) dengan menggunakan metode PRISMA (preferred reposting items for systematic review & meta-analysis) yang menganalisis artikel dari rentang tahun 2020-2024. Hasil penelitian, dari 695 artikel dari rentang tahun 2020-2024 dilakukan penyesuaian dengan kata kunci, memiliki file pdf atau open acces, dibidang pendidikan, penelitian ditujukan untuk siswa sekolah menengah tinggi, dan spesifik pada hasil self regulated learning didapatkan 6 artikel yang layak untuk disintesis, hasil sintesis ini menunjukan integrated project based blended learning dapat meningkatkan kemampuan self regulated learning pada siswa. Kemampuan self regulated learning dalam proses pembelajaran membantu siswa dalam meregulasi dirinya baik dari segi kognisi, motivasi, maupun perilaku siswa. Self regulated learning juga dapat meningkatkan hasil pembelajaaran baik secara kognitif, psikomotrik, maupun sikap.  

Published
2024-12-28
How to Cite
UTAMI, Epong; KHAERUDIN, Khaerudin; WINARSIH, Murni. Dampak Integrated Project Based Blended learning (IPjB2L) Dalam Meningkatkan Self Regulated Learning: a Systematic Review. PROSIDING SENADIKA : Seminar Nasional Akademik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 168-179, dec. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/SENADIKA/article/view/5795>. Date accessed: 07 dec. 2025.