Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Predict Observe Explain Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Abstract
Literasi lingkungan menjadi sebuah konsep penting dalam pendidikan formal ketika meninjau permasalahan lingkungan hidup saat ini yang beragam. Tujuan dari literasi lingkungan adalah untuk mengedukasi mengenai konsep pelestarian dan peningkatan kondisi lingkungan alam guna menciptakan keberlanjutan dalam kehidupan dan lingkungan alam. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa melalui pembelajaran dengan lembar kegiatan siswa berbasis predict observe explain. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design one-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi lingkungan siswa meningkat melalui pembelajaran ini. Hal ini terlihat dari hasil nilai N-Gain dari pretest dan posttest sebesar 0.62 dengan kategori sedang atau dapat dikatakan meningkat sebesar 62%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan lembar kegiatan siswa berbasis predict observe explain mampu meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa.



