Internalisasi Karakter Religius Melalui Program Tahfidzul Qur’an Di Sekolah Dasar
Abstract
Internalisasi diartikan sebagai penghayatan, pendalaman, penguasaan secara mendalam yang berlangsung melalui binaan, bimbingan, dan sebagainya Dalam konteks pendidikan, internalisasi mengacu pada bagaimana siswa memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai tertentu ke dalam kehidupan mereka sehari-hari. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan pada siswa sekolah dasar adalah karakter religius. Karakter religius pada siswa sekolah dasar dapat dilakukan melalui program tahfidzul qur’an. Program tahfidzul qur’an dapat menanamkan nilai-nilai keyakinan, kewajiban, penghayatan, pengetahuan, dan pengamalan beragama pada siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi pustaka atau studi literatur dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah terkait. Dan ditemukan bahwa, program tahfidzul qur’an dapat mempengaruhi internalisasi karakter religius pada siswa sekolah dasar.



