Analisis Keterampilan Guru Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas XI Di SMA Negeri 1 Grabag
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas XI SMA Negeri 1 Grabag. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Grabag yang berlokasi di Jl. Raya Grabag, Dusun Susukan Barat, Kelurahan Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dengan subjek penelitian yaitu guru kelas XI SMA Negeri 1 Grabag. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pola induktif seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dalam perencanaan pembelajaran guru telah menyiapkan perangkat pembelajaran seperti modul ajar. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya guru belum sepenuhnya melakukan rencana yang telah disusun sebelumnya. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu keterampilan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran khususnya pada pelajaran matematika belum diimplementasikan dengan baik sehingga siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Grabag belum terlibat aktif dalam pembelajaran matematika.



