Menuju Era Digital : Pelatihan E-Commerce untuk Pengembangan UMKM Masyarakat Desa Tanjung Glugur
Abstract
Desa Tanjung Glugur memiliki banyak UMKM namun, pemasaran produk yang dilakukan belum maksimal yaitu hanya dipasarkan di wilayah sekitar saja. Peningkatan penjualan dapat diraih dengan peningkatan wilayah pemasaran melalui media online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk mendorong masyarakat agar menjadi lebih kreatif, aktif dan produktif serta dapat meningkatkan pemasaran produk UMKM yang ada di Desa Tanjung Glugur. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu mengembangkan pemasaran produk UMKM melalui media online. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dan pelatihan pengelolaan akun E–Commerce pada pelaku UMKM untuk mengembangkan pemasaran produk. Hasil dari program pelatihan pengelolaan akun E–Commerce yaitu peningkatan pemasaran produk melalui promosi di E–Commerce Shopee sehingga meningkatkan perekonomian dan pemasaran online di Desa Tanjung Glugur dan pelaku UMKM memahami pemasaran secara online atau digital marketing.
Tanjung Glugur village has several UMKM however, the product marketing is still not optimal, it is only marketed in the surrounding area. Increased sales can be achieved by increasing marketing areas through online media to reach a wider market. Community service activities are carried out with the aim of encouraging the community to be more creative, active and productive and to be able to increase the marketing of UMKM products in Tanjung Glugur Village. One of the efforts to develop UMKM product marketing is through online media. The method used is socialization and E-Commerce account management training for UMKM actors to develop product marketing. The result of the E-Commerce account management training program is increased marketing products through promotions at Shopee E-Commerce so as to improve the economy and online marketing in Tanjung Glugur Village and UMKM understand online marketing or digital marketing
References
Nurmala,S. 2022. Peningkatan Pemasaran UMKM Melalui pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat ALMUJTAMAE. Vol 2(3).
Kartajaya,H. 2015. Indonesia Wow, Markplus Wow, We Are Wow.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2021. Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
Pranoto,P., J.Jasmani., dan N,I,Marayasa. 2019. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur – Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Vol 1(2).
Syarif., B,A.Birgantoro., A, Hermawan., M,A.Gani., Sugiyanto., dan A. Maddinsyah. 2022. Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM). Vol 2(1).





