IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HAM YANG SESUAI DENGAN PANCASILA DAN UUD 1945 PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Christ Mulia Solomasi Laoli Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pendidikan HAM yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 di sekolah dasar. Karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap individu tentunya memiliki Hak Asasi Manusia yang harus dihormati, dihargai dan dijunjung tinggi. Tetapi pada kenyataannya akhir-akhir ini banyak sekali terjadi penyimpanan terhadap Hak Asasi Manusia yang menimbulkan adanya ketimpangan dalam pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban. Pendidikan merupakan jembatan utama dan solusi dalam implementasi pendidikan Hak Asasi Manusia. Pendidikan Hak Asasi Manusia adalah proses pembelajaran, pembimbingan dan pendidikan yang membina pengetahuan dan kesadaran akan haknya dan hak orang lain. Sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan dasar memiliki peran penting sebagai pondasi awal penerapan pendidikan pendidikan demokrasi dan HAM sehingga dapat terwujudnya generasi penerus bangsa yang unggul dan beprikemanusiaan. Metode yang digunkan dalam penulisan artikel ini adalah dengan studi literatur. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan data diperoleh dari beberapa sumber seperti buku dan jurnal artikel ilmiah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data yang diperoleh diproses melalui reduksi data, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga diperoleh suatu kesimpulan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah dilaksanakannya pendidikan HAM yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

References

Ali, Y. F., & Hidayah, Y. (2021). Service-learning as a Strategy to Promote Global Citizenship in Indonesia. Society, 9(1), 124–139. https://doi.org/10.33019/society.v9i1.145
Aminanto, K. (2018). Bunga Rampai Hukum: Supremasi Hukum, Hak Cipta, Human Right, Integritas. Jember Katamedia. https://doi.org/6025216002, 9786025216008
Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM, 12(1), 57. https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.57-74
Ceswara, D. F., & Wiyatno, P. (2018). Implementasi Nilai Hak Asasi Manusia Dalam Sila Pancasila. Lex Scientia Law Review, 2(2), 227–241. https://doi.org/10.15294/lesrev.v2i2.27581
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 261–269. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.277
El Muhtaj, M., Siregar, M. F., PA, R. B. B., & Rachman, F. (2020). Literasi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal HAM, 11(3), 369. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.369-386
Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Aktualisasi nilai-nilai pancasila dan konstitusi melalui pelokalan kebijakan Hak Asasi Manusia (HAM) di daerah. Indonesia Berdaya, 2(2), 157–166. https://doi.org/10.47679/ib.2021136
Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283–291. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5591
Isra, S. (2016). Peran Mahkamah Konstitusi dalam Penguatan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. Jurnal Konstitusi, 11(3), 409. https://doi.org/10.31078/jk1131
Iswardhana, M. . (2020). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Merajut Kebinekaan dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. PT Kanisius.
Murniaseh, E. (2021). Kasus Pelanggarann HAM di Indonesia & Contohnya dalam Sejarah. Tirto.Id. https://tirto.id/kasus-pelanggaran-ham-di-indonesia-contohnya-dalam-sejarah-ggum
Nasution, A. R. (2016). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia melalui Demokrasi, HAM dan Masyarakat Madani. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 201–212. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5167
Neza, Putra, A., Pratama, N., Kania, L., & Hasmi, A. (2022). PENTINGNYA PENERAPAN HAM DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI SD NEGERI 85 BENGKULU SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 21–27.
Nurfazila. (2023). Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Ham Di Sekolah Dasar. Jurnal Rinjani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JR-PGSD), 1(1), 15–21. https://jurnalrinjanipendidikan.com/index.php/JR-PGSD/article/view/28
Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2297
Putra, A. (2022). Interpretasi Hak Asasi Manusia dalam Ideologi Pancasila dan Implikasinya Terhadap Persatuan dan Kesatuan di Indonesia. Jurnal HAM, 13(1), 1. https://doi.org/10.30641/ham.2022.13.1-14
Putra, M. A. (2016). Eksistensi Lembaga Negara Dalam Penegakan Hak Asasi Manusia Di Indonesia. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 9(3), 256–292. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v9no3.600
Santie, Y. D. A., & Mesra, R. (2022). Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1039. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.958
Setiardja, G. A. (2008). Hak-Hak Asasi Manusia Berdasarkan Ideologi Pancasila. Penerbit Kanisius.
Siregar, H. L. (2018). Tantangan Yang Dihadapi Dalam Dunia Pendidikan dan Social Studies di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 2549–435. http://semnasfis.unimed.ac
Sudi, M. (2016). Implementasi Hak Asasi Manusia dalam UUD 1945. CV. Rasi Terbit.
Supriyanto, B. H. (2014). Law Enforcement Regarding Human Rights According to Positive Law in Indonesia. Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(3), 151–168.
Towadi, M., B, L. W. B., & C, W. M. (2022). Jurnal Civic Education : Jurnal Civic Educatioan: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 104–112.
Triputra, Y. A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai HAM Global Ke dalam Sistem Hukum Indonesia yang Berlandaskan Pancasila. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 24(2), 279–300. https://doi.org/10.20885/iustum.vol24.iss2.art6
Triwahyuningsih, S. (2018). Perlindungan Dan Penegakan Hak Asasi Manusia (Ham) Di Indonesia. Legal Standing : Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 113. https://doi.org/10.24269/ls.v2i2.1242
Tyas, R. A. (2015). Perlunya Pendidikan HAM Sejak Dini. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ratnaadiningtyas/5528a0886ea8346b4d8b45a5/perlunya
Ulfa, N., Minasari, A., & Hidayah, Y. (2021). Actualization Of Pancasila In The Implementation Of Ethical Democracy In The Global Era. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 16–27. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2031
Utami, S. N. (2021). Contoh Penegakan HAM di Lingkungan Sekolah. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/25/123000369/contoh-penegakan-ham-di-lingkungan-sekolah
Published
2024-08-14
How to Cite
LAOLI, Christ Mulia Solomasi. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HAM YANG SESUAI DENGAN PANCASILA DAN UUD 1945 PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 525-536, aug. 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/5034>. Date accessed: 25 feb. 2025.