PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN SINAR HARAPAN DI KABUPATEN SITUBONDO

  • Dwi Perwitasari Wiryaningtiyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Karnadi Karnadi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Azimatul Umami Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

This study aims to (1) to determine the effect of product diversity, price, and location  partially influences customer satisfaction (2) to find out the effect of product diversity, price, and location simultaneously affect customer satisfaction (3 to find out among the diversity of products, prices, and locations that are the most dominant influence on customer satisfaction. The method used is quantitative. The results of the study are multiple linear regression equation Y = -1,711E-16 + 0.046X1 + 0.293X2 + 0.212X3 + e. partially the diversity of the product has no significant effect with the value of tcount smaller than ttable (0.430) <(1,985) or sig a 0.668> 0.05, the price of partial effect shows the value of tcount is greater than ttable (2,284)> (1,985) or sig a 0,000 <0.05, the location has no partial effect by showing the tcount value smaller than ttable (1,930) <(1,985) or sig a 0.057> 0.05. Simultaneously the diversity of products, prices, and location affect customer satisfaction with a calculated Fcount of 8.015 values greater than the Ftable of 2.70 or Fcount of 8.015> Ftable of 2.70. The variable with the most dominant influence in this study is the price with a value of 2,824.

References

Alma, B. 2011. Pemasaran strategi jasa.Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Ed. Revisi IV. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Febriyanto. 2017. “Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Rawon Taman Makam Pahlawan Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Gulla, R. 2015. “Analisis Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn”. Diterbitkan. Skripsi. Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hasibuan, M. S. P. 2007. Menejemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksa. skandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Kotler, P. 2008. Menejemen Pemasaran. Edisi Melinium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P. 2009. Menejemen Pemasaran.Jakarta. PT. Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, P. 2015. Manajemen Ritel: (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Alih bahasa Utami, C. W. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2009. Menejemen Pemasaran. Edisi 13.Jakarta: Erlangga.

Kotler, P.. 2012. Manajemen Pemasaran . Edisi 12. Jakarta:Erlangga. Lamb, C. W. 2009. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Lopiyoadi, R. 2013. Manajemen pemasaran jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta Salemba Empat.

Martono, N. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Permatasary, D. A. 2014. “Pengaruh Harga dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Pecel Madiun Laris Manis Jebres Surakarta”. Diterbitkan. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Poltak, L. 2014. Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Graha ilmu. Hasan, A. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Depot Asri Bondowoso)”. Diterbitkan. Skripsi. Jember. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jember.

Riduwan dan Kuncoro, E. A. 2017. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. Rizal, S. 2017. “Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung Nasi Sodu Nabila Asembagus Situbondo”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

Sanusi, A. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2020-05-30
How to Cite
WIRYANINGTIYAS, Dwi Perwitasari; KARNADI, Karnadi; UMAMI, Azimatul. PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN SINAR HARAPAN DI KABUPATEN SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 52-67, may 2020. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/642>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/growth-journal.v18i1.642.
Section
Articles