PENERAPAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA-3 MATA PELAJARAN PPKn SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2015-2016
Abstract
Pembelajaran kooperatif adalah suatu pendekatan pengajaran yang melibatkan siswa untuk bekerjasama dalam kelompok-kelompok untuk menetapkan tujuan bersama. Hasil belajar adalah hasil usaha yang dilakukan siswa berupa perubahan nilai ulangan PPKn dengan adanya penerapan STAD. Dengan STAD maka guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah dilaksanakan STAD maka terdapat perbedaan hasilĀ evaluasi pada siklus satu danĀ siklus dua. Pada siklus satu ketuntasan klasikal mencapai 59% dengan rata-rata 72, sedangkan pada siklus dua ketuntasan klasikal mencapai 91% dengan rata-rata 86. Dengan demikian ada kenaikan ketuntasan secara klasikal 32 % dan kenaikan rata-rata 14 dari siklus satu ke siklus dua.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2004. Pedoman Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Depdiknas
Kholik, M. 2013. Metode Pembelajaran Konvensional. [Serial Online]. http://belajar-nonstop.blogspot.com/2013/03/metode-pembelajaran-konvensional.html (13 februari 2014)
Nasution, S., 1987, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara
Putrie, H. 2011. Model Pembelajaran Konvensional. [Serial Online]. http://hamdianaputrie.blogspot.com/2011/04/model-pembelajaran-konvensional.html (13 februari 2014)
Rusyan, A. Tabrani , Atong Kusdinar, Zainal Arifin. 1992. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sunardi. 2009. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jember: Universitas Jember
Tabrani, Dkk., 2004. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press