MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 JUWIRING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik multimedia pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Juwiring; 2) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten dengan teknik multimedia pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Juwiring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Juwiring yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang berbasis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus memiliki empat kegiatan utama yaitu : planning (perencanaan), action (tindakan), observation (observasi) dan reflexion (refleksi). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri dari dua pertemuan tiap siklus. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian ini maka simpulannya adalah : 1) motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik multimedia; 2) terdapat perubahan yang positif yaitu berupa peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar siswa setelah diberi layanan penguasaan konten dengan teknik multimedia. Hal ini dibuktikan dengan : 1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari prosentase skor antara 40% – 55% yang termasuk dalam kategori rendah menjadi antara 70% – 85% yang termasuk dalam kategori tinggi.
References
Aprilia, L. (2017). “Pengaruh Layanan Penguasaan Konten terhadap Motivasi Belajar Siswa MTsN Tanjungbalai Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Dimyati. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hariyadi, Sigit. (2012). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dukungan Tampilan Kepustakaan Berbasis TIK. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 1(1), 50-56.
Khodijah, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Pranoto, H. (2013). Effort to Improve Learning Motivation of Student with Content Mastery in SMP Negeri 1 Metro. Guidena : Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 31-41.
Prayitno. (2016). Layanan Penguasaan Konten. Padang : Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Padang.
Puspitasari, R.D. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas II SDN Tlogoadi Melalui Media Film. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28(5), 2.687-2.694.
Santrock, J.W. (2015). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sukmana, R.S., Fitriyanti, E., & Fijriani. (2019). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten terhadap Tingkatnya Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 01 Cileungsi. Teraputik, 2(3), 156-164.
Tohirin. (2017). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Uno, H.B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Usman, M.U. (2018). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.