PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TEMA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN

  • Muhammad Erfan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram
  • Nursina Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nani Suarni Guru Sekolah Dasar Negeri 3 Batu Kumbung
  • Mohammad Archi Maulyda Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Mataram

Abstract

Tema perkalian dan pembagian pecahan pada pembelajaran matematika masih menjadi hal yang sulit bagi peserta didik di kelas IV SDN 3 Batu Kumbung. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya capaian hasil belajar kognitif  peserta didik pada tema perkalian dan pembagian pecahan yang rata-rata dibawah KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui variasi model pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada tema perkalian dan pembagian pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN 3 Batu Kumbung yang berjumlah 21 orang dengan dua siklus. Data diperoleh dengan teknik tes dan dianalisis melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus pertama hanya terdapat sedikit peningkatan, namun setelah para peserta didik kelas IV diberikan petunjuk dan penguatan, hasil belajar kognitif pada tema perkalian dan pembagian pecahan meningkat melebihi nilai KKM. Siklus dihentikan setelah nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada tema perkalian dan pembagian pecahan telah tercapai atau melebihi nilai kriteria ketuntasan minimal.

References

Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. JURNAL ENTROPI: Inovasi Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 7(1), 583–592.
Cheng, K. K., Thacker, B. A., Cardenas, R. L., & Crouch, C. (2004). Using an online homework system enhances students’ learning of physics concepts in an introductory physics course. American Journal of Physics, 72(11), 1447–1453. https://doi.org/10.1119/1.1768555
Destiningsih, N., Usodo, & Mardiyana, M. (2013). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT) and Make a Match on Student Mathematics Learning Achievement in terms of Student Social Skill in Class X Vocation School in Wonogiri Regency Year 2012/2013. Journal of Scientific Mathematics Education, 2(1), 1–12.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Gunawan, G., Sari, N., & Ratu, T. (2020). Enhancing Students Ability in Analyzing Image Formation on Lens and Mirror Using Ray Optics. Journal of Physics: Conference Series, 1471, 012061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012061
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Reader (Third). Victoria: Deakin University Press.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 86–97.
Rumfola, L. (2017). Positive Reinforcement P ositively Helps Students in the Classroom. Brockport.
Siregar, F. A. (2012). Pengaruh model kooperatif tipe nht terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 33–38.
Suparmi. (2012). Pembelajaran kooperatif dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 108–118.
Supriyo. (2016). The Implementation of Practice Generalization Reinforcement (PGR) Learning Strategy to Improve English Grammar Learning Outcomes in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(6), 50–54. https://doi.org/10.9790/7388-0606045054
Sutipnyo, B., & Mosik, M. (2018). The Use of Numbered Heads Together (NHT) Learning Model with Science, Environment, Technology, Society (SETS) Approach to Improve Student Learning Motivation of Senior High School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 26–31. https://doi.org/10.15294/jpfi.v14i1.13929
Uniarsi, M. (2014). Penerapan keterampilan guru mengadakan variasi pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1–11.
Wiegand, D. M., & Geller, E. S. (2005). Connecting Positive Psychology and Organizational Behavior Management. Journal of Organizational Behavior Management, 24(1–2), 3–25. https://doi.org/10.1300/J075v24n01_02
Yahya, M. D. (2014). Variasi metode mengajar guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Ni’matul Aziz Kabupaten Barito Kuala. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–35. https://doi.org/10.18592/jt ipai.v4i1.1838
Zebua, K. A. D. P. (2017). The use of verbal reinforcement to motivate the 11th grade students of SMA Budya Wacana Yogyakarta to Speak English. Universitas Sanata Dharma.
Published
2020-06-29
How to Cite
ERFAN, Muhammad et al. PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TEMA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 108 - 118, june 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/588>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588.
Section
Articles