PENGGUNAAN MENYAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA DI SMP NEGERI 2 GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI

  • Sapto Orbayani SMP Negeri 2 Genteng Banyuwangi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal (KBM) melalui media nyanyian (MENYAN) pada keterampilan berbicara materi “What’s your name” dan “Family member”. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMPN 2 Genteng kabupaten Banyuwangi sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data awal menggunakan kuesioner dan pre-tes. Pengambilan data diambil melalui tes dan obeservasi pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis kuantitatif. Hasil yang dicapai setelah penggunaan MENYAN terbukti dapat meningkatkan keberanian siswa dan hasil belajar siswa pada nilai.  Pada siklus I (kuesioner) siswa yang berani berbicara 0 siswa (0%), pada akhir siklus I terdapat 17 siswa (50%) yang berani berbicara dan pada akhir siklus II terdapat 25 siswa (73.53%) yang berani berbicara. Sedangkan yang mencapai KBM pada pra siklus I terdapat 11 siswa (32.5%), siklus I terdapat 18 siswa (52.94%), dan pada siklus II terdapat 27 siswa (79.41%). Dengan demikian disarankan agar penggunaan MENYAN dapat diterapkan pada materi lain dengan mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik siswa.

References

Azhar, Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Languange Pedagogy. New York: Pearson Education.

Dorry, G.N. 1996. Game for Second Language Learning. New York: MacGraw Hill Book Company.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hermina, Br. Simanora. 2017. Praktik yang Baik Pembelajaran di SMP/MTs. Jakarta: USAID PRIORITAS

https://id.wikipedia.org/wiki/Lagu. Diakses Tgl 25 Juli 2017

Ismukoco. 2017. Tehnik Mengajar Sepaking. Surabaya: Alpha

Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Latif, Mohammad Adnan. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Peorwadarminta, W.J.S. 2011. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sadiman, Arif S. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

SMPN 2 Genteng. 2015. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Dinas Pendidikan SMPN 2 Genteng, Banyuwangi.
Published
2020-06-29
How to Cite
ORBAYANI, Sapto. PENGGUNAAN MENYAN UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA DI SMP NEGERI 2 GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 25 - 38, june 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/580>. Date accessed: 07 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.580.
Section
Articles