PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PAI DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online)
Abstract
Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah masih memerlukan pembenahan baik secara teknis, metode pengajaran, media serta yang berkaitan dengan proses KBM PAI di sekolah, ketika dunia dihadapkan dengan pandemi yang melanda. Wabah Covid-19 memberikan dampak terhadap pembelajaran PAI di sekolah. Keadaan seperti ini memaksa dunia pendidikan melakukan proses pembelajaran secara daring (online). Tujuan penulisan artikel ini untuk mempelajari dan memahami penggunaan media online dalam KBM mata pelajaran PAI di masa Pandemi Covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data sekunder yang diperoleh dari observasi online dan kajian literatur. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media online di masa pandemi covid-19 ini menimbulkan berbagai tanggapan serta dampak dan perubahan sistem belajar yang dapat mempengaruhi proses KBM serta tingkat perkembangan peserta didik dalam merespon materi yang disampaikan.
References
Bahri, Djamarah Syaiful dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.
Heri Gunawan, (2012). Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: CV. ALVABETA.
Jensen, Eric. (2008). Brain-Based Learning . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prawiradilaga, Salma Dewi (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prawiradilaga, Salma Dewi. dan Eveline Siregar (2007). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: kencana.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.
Syaefudin, Udin, (2013). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Standar Nasional Pendidikan (SNP). (2006). Jakarta: Asa Mandiri.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi.
Syafaruddin, dkk. (2012). Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing Uno.
B. Hamzah dan Nina Lamatenggo. (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
LPPKSP Kemdikbud. Panduan Kepala Sekolah pada masa pandemi Covid-19. 2020. Html. Hlm. 2. Pengawas Disdik Kota Bandung. Jawa Barat.
Jurnal:
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
Fuad, Moch dan Anik Ghufron. (2014). Pengembangan Program CAI Dalam Pembelajaran PAI Materi Haji Dan Umrah Untuk Siswa Sekolah Tsanawiyah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. I, 2014, h. 85.
Kamdi, Waras. Paradigma Baru Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan: Kerangka Pikir Inovasi Pembelajaran. Teknologi Dan Kejuruan, vol. XXXIV, 2011, h. 89.
Kusumaningrum, Ayu Dyah. dan Eko Marpanaji. (2014). Pengembangan E-learning Dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran Di Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. I, h. 28.
Website:
http://andrisamsul.blogspot.com/2014/06/inovasi-pembelajaran-pendidikan agama. html. Diakses pada 27 Maret 2020. 23.10 WIB.
http. Direktori FIP/JUR/administrasi pendidikan/udin saefudin saud/ http://journal424.wordpress.com/2013/02/10/dasar-yuridis-pendidikan-dasar-dan implikasinya-dalam-kebijakan-pemerintah/.
http://sunardins.blogspot.com/2012/09/inovasi-pembelajahttps://kabar priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/ran-Pendidikan agama.html. Posted. 23 Mei 2020. Pkl. 20.48. oleh. Agus Nana Nuryana, M.M.Pd. Diakses pada 13 Juni 2020. Pkl. 10.17 WIB.
https://almanhaj.or.id/7994-antara-adat-dan-ibadah-2.html. Sumber: [Disalin dari kitab Ilmu Ushul Al-Fiqh Al-Bida’ Dirasah Taklimiyah Muhimmah Fi Ilmi Ushul Fiqh, edisi Indonesia Membedah Akar Bid’ah,Penulis Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsari, Penerjemah Asmuni Solihan Zamakhsyari, Penerbit Pustaka Al-Kautsar]. Diakses pada 14 Juni 2020. 11.46 WIB.
https://www.dosenpai.com/2019/08/media-sosial-untuk-pai.html. Memanfaatkan Media Online dalam Pembelajaran PAI.