PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Puspita Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan prestasi belajar pendidikan pancasila kelas V SD Negeri 1 Sumbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi terhadap rendahnya keaktifan dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 1 Sumbang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Sumbang yang berjumlah 32 peserta didik yaitu 12 siswa laki-laki dan 20 perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan bertahap pada keaktifan dan prestasi belajar pada pelajaran pendidikan pancasila. Pada siklus I keaktifan belajar diperoleh rata-rata sebesar 3,14 dengan persentase ketuntasan 25% kategori kurang baik sedangkan pada siklus II dapat meningkat dengan rata-rata 3,51 dengan persentase 84,3% kategori baik. Kemudian untuk penerapan model pembelajaran TGT juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar yang mencapai 40,6% pada siklus I kemudian menjadi 79,8% pada siklus II. Penerapan model TGT mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sumbang.

References

Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan. Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Idzhar, A., Negeri, S., Abstrak, B. 2016. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222-226.
Irawan, D., Indah & Arifin. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Powerpoint Pada Tema 4 Sumtema 3 Kelas IV SD UMP. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Fitrianingrum, Nafiah, Tamam, A., dkk. 2023. Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Model Kooperatif Tgt (Team Game Tournament) di Kelas IV Upt SDN 147 Gresik. Jurnal Unisa.
Lamatenggo, N., & Hamzah. (2016). Landasan Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Matitaputty, J.K., Nugroho, S., Fadli, M.J., dkk (2023). The Effect of Team Games Tournament (TGT) in Social Learning to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Guru MI
Nugroho, A., Laelisqiah, N. L. 2021. Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPS Tema 8 Melalui Problem Based Learning.
Sadirman A.M. 2022. Interaksi & motivasi belajar-mengajar. OPAC Perpustakaan Nasional RI.
Suwarno, S. (2019).Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychologi, 3(2), 110.
Winarto. (2016). Penelitian Tindakan Kelas: Kompetensi Pendagogik Kelompok Kompetensi J. Kementrian Pendidikan Kebudayaan.
Published
2024-06-16
How to Cite
AZIZAH, Puspita Nur; NUGROHO, Agung. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 57-67, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4560>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4560.
Section
Articles