PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN NAYU BARAT 1 SURAKARTA

  • Andhika Rahmad Romadhon Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dhany Efita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Afila Nuri Wardani Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada kelas IV SDN Nayu Barat 1 Surakarta. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif komparatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa berjenis laki-laki dan 6 orang siswa berjenis kelamin perempuan. Indikator keberhasilan yang harus dicapai dengan nilai ketuntasan rata-rata 85%. Hasil kesimpulan penelitian ini bahwa, pada pra siklus didapatkan hasil yang kurang memuaskan. Dengan hasil rata-rata nilai sebesar 73,75% dengan jumlah persentase ketuntasan 48,16% sehingga hasil belajar rendah. Pada siklus I telah diterapkan model pembelajaran TGT, dengan hasil rata-rata nilai sebesar 74,69% dengan jumlah persentase ketuntasan 62,5%. Dan pada siklus  II hasil rata-rata nilai sebesar 78,43% dengan jumlah persentase ketuntasan 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan nilai hasil belajar dan persentase ketuntasan pembelajaran mengalami peningkatan dan melebihi KKM. Sehingga model pembelajaran TGT dapat dikatakan berhasil dengan baik.

References

Budiyanto, S. A. P., & Abduh, M. (2023). Pola Kesalahan Pengerjaan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Berbasis Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3000. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7626
Erlina, D., Rahmawati, P., Suryawan, A., & Lestari, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMET (TGT) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PECAHAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI DEPOK 1. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 753–758.
Fadhilah, D. L., Isrokatun, I., & Syahid, A. A. (2024). Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 893–901.
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860.
Hikmatulfazriyah, S., Sunardin, S., & Unaenah, E. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Kampung Bayur Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 670–679.
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 210–218.
Laia, O. (2024). Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournamaent) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas XI SMK Negeri 2 Sidua’ori Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 08(01), 5382–5396.
Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85–92.
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156–166. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.334
Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–328.
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Sanusi, N. M., & Widyaningsih, F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 1(2).
Setianingsih, D., Dian Ayu Afiani, K., Binti Mirnawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, L., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2001). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Myhammadiyah 8 Surabaya. In ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1).
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Suningsih, N. R. (2022). Kooperatif Model TGT Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 246–254. https://doi.org/10.51878/language.v1i2.871
Yenny Royani, J. B. K. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT). Journal of Basic Education, 3.
Published
2024-06-14
How to Cite
ROMADHON, Andhika Rahmad; EFITA SARI, Dhany; WARDANI, Afila Nuri. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN NAYU BARAT 1 SURAKARTA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 15-24, june 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4545>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i1.4545.
Section
Articles