MENINGKATKAN KOSA KATA PADA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO KARTUN DI SMPN 1 SITUBONDO TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Abstract
Bahasa Inggris adalah melihat sebagai salah satu bahasa internasional yang sangat umum digunakan oleh orang-orang dari daerah yang berbeda dan negara untuk berkomunikasi satu sama lain. Namun demikian, kemampuan untuk menggunakan bahasa ini harus dikembangkan selama usia sekolah pemuda. Siswa sering terjebak dengan cara yang sangat kuno pembelajaran. Mereka bosan bahkan ketika mereka tidak belajar itu. Itu membuat siswa menemukan bahwa bahasa Inggris lebih sulit daripada sebenarnya. Kosakata merupakan salah satu komponen bahasa yang harus diajarkan kepada siswa dalam belajar bahasa asing. Untuk meningkatkan siswa penguasaan kosakata, guru dapat menggunakan banyak media. Dengan menggunakan video yang kartun sebagai media, siswa dapat belajar dengan mudah dan menarik. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini diterapkan dengan model siklus. Penelitian yang diusulkan video ini kartun sebagai strategi dalam bahasa Inggris mengajar pada siswa kelas tujuh SMPN 1 Situbondo untuk memecahkan inkompetensi siswa pada penguasaan kosakata. Sebagai hasil dari studi pendahuluan menunjukkan bahwa masalah mahasiswa terhadap penguasaan kosakata mereka dapat dikelompokkan menjadi dua masalah: (1) merasa bosan, (2) kurangnya kosa kata. Oleh karena itu, kriteria keberhasilan diarahkan ke masalah yang disebutkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada efek yang baik dari mengajar kosakata menggunakan video yang cartton untuk meningkatkan siswa penguasaan kosakata
References
Goodwyn, A. (1992) English Teaching dan Media Pendidikan. Buckingham: terbuka University Press, pp160
Tatsuki, D. (2003) Pragmatik dalam pengajaran / pembelajaran bahasa dan budaya.