PENERAPAN METODE KOOPERATIF MENGGUNAKAN KARTU KALINO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD TERPADU MUHAMMADIYAH 1 BESUKI SITUBONDO

  • Herlin Nur Hasanah Prodi PGSD FKIP UNARS
  • Vidya Pratiwi Prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan metode


kooperatif dengan menggunakan kartu kalino untuk meningkatkan    kemampuan


menghafal perkalian siswa (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal perkalian melalui metode kooperatif dengan menggunakan kartu kalino pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berrdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang  digunakan adalah : 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Data yamg terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif.Penelitian ini  dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah I Besuki Situbondo kelas III yang terdiri dari 30 siswa,14 siswa laki-laki dan  16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompoknya berdasarkan hasil  pre-test  sebelum siklus dilaksanakan. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan Kartu kalino. Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis tes individu 77%. Pada siklus II pertemuan II yang merupakan kegiatan pemantapan analisis tes individu mencapai 87%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 83% dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal di kelas III, sedangkan di siklus II sebagai kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar  mencapai 90%

References

Anitah, S.W. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Karso. 2008. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, G. 2011. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Nasuprawoto. 2012. Laporan Penelitian Tindakan kelas. files.wordpress.com/ 2010/10/a-a-laporan-sampul-dep.doc [17 November 2012]

Permana, R. D, A, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Permainan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Mumbulsari 01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember : Universitas Jember
Published
2013-06-28
How to Cite
HASANAH, Herlin Nur; PRATIWI, Vidya. PENERAPAN METODE KOOPERATIF MENGGUNAKAN KARTU KALINO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD TERPADU MUHAMMADIYAH 1 BESUKI SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 62-80, june 2013. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/334>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles