PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NURUL HUDA PELEYAN

  • cahaya wijayanti STKIP PGRI Situbondo
  • firman jaya STKIP PGRI Situbondo
  • siti seituni STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan produk serta menguji tingkat kelayakan media video pembelajaran pada mata pelajaran TIK kelas VII. Aplikasi Kinemaster merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yaitu ada sepuluh langkah-langkah. Prosedur penelitian ini memodifikasi dengan menggunakan tujuh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk awal, pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Nurul Huda Peleyan. Produk penelitian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari ahli pada saat proses validasi serta hasil wawancara pada saat melakukan wawancara akhir kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk video yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan kategori layak.

References

Aryanti, S., Victorian, A. R., & Solahuddin, S. (2021). Video Pembelajaran pada Materi Teknik Dasar Footwork Bulutangkis. Jurnal Patriot, 3(3), 329–339. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.805
Defi, A. N., & Faiza, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(2), 112. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.112046
Firman, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN DESAIN BUSANA 3 DIMENSI PADA MATA KULIAH DESAIN BUSANA UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING Development Of Tutorial Video Learning Media Making 3 Dimensional Fashion Designs In Fashion Design Courses. XX(2), 6–10.
Gamelan, P., Gebyog, B., Smp, D. I., & Jembrana, N. K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar.
Hakim, M., Budiono, A. N., & Afandi, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Ma ’ arif Jember. 217–224. https://doi.org/10.31537/dedication.v5i2.536
Handoko, A. (2021). Pemanfaatan Kinemaster sebagai Aplikasi Pembuatan Iklan Video Bagi Pengelola dan Pendidik PKBM. Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 14–24. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/download/1260/789
Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643
Loneli Costaner. (2021). Pelatihan Keterampilan Membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Masjid. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 843–849. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253
Munawaroh, M., Parimita, W., Parlyna, R., Susanti, S., Sumiati, A., & Zulaihati, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Untuk Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Video Editing Bagi Guru Dan Calon Guru. Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 190–194. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.35
Nafis, N. Y., Hotifah, Y., & Atmoko, A. (2021). Pengembangan Media Bimbingan Kelompok dengan Video dalam Meningkatkan Pemahaman Mengenai Pelecehan Seksual untuk Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 732–737. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p732-737
Nurlina, L., & Fauzan, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Ajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Abdikarya, 3(1), 32–41.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Putri, W. D., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 102. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.585
Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 136. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Published
2022-06-07
How to Cite
WIJAYANTI, cahaya; JAYA, firman; SEITUNI, siti. PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NURUL HUDA PELEYAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 28-41, june 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1751>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v11i1.1751.
Section
Articles