@article{pgsdunars, author = {Sri Usman and Abdul Panai and Yusrahningsih Pongoliu}, title = { MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PPT INTERAKTIF TEMA 8 KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 19 TELAGA BIRU}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya keslitan belajar yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 19 Telaga Biru. Dibuktikan dengan adanya presentase belajar siswa pada observasi awal 29% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan media PPT interaktif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema 8 keunikan daerah tempat tinggalku melalui penggunaan media ppt interaktif di kelas IV di SD Negeri 19 Telaga biru kabupaten gorontalo Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan model penelitian MC taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: dalam penggunaan media PPT interaktif aktivitas guru mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan, ini bisa dibuktikan dengan presentase yang mencapai 88% sedangkan pada aktivitas siswa juga dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu dengan presentase 88%. Dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I 62% mengalami peningkatan pada siklus II dan dikatakan berhasil dengan mencapai presentase 86%.}, issn = {2656-4459}, pages = {171--177}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3985}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3985} }