@article{pgsdunars, author = {Amalia puspitaningtyas and Nani Fasica and Ropida Ropida}, title = { ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI PEMBAGIAN PADA KELAS 3 DI SDN 1 TALKANDANG SITUBONDO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Kesulitan belajar operasi hitung pembagian meliputi: (1) kesulitan memahami konsep pembagian, (2) kesulitan prosedur (algoritma) pembagian, (3) kesulitan mengikat fakta dasar operasi hitung pembgian, (4) kesulitan menghubungkan pemahaman nilai tempat pada operasi pembagian bersusun, (5) kesulitan menuliskan susunan bilangan pembagi dan yang dibagi dalam bentuk simbolik (abstrak), (6) kesulitan dalam membedakan simbol-simbol operasi hitung.Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 1 Talkandang . Dari 24 siswa ada 4 siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitan adalah siswa kelas 3 SDN 1 Talkandang. Keempat siswa tersebut, kemudian dipilih siswa sebagai informan dengan metode purposive sampling, penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu siswa dengan kesulitan dan kesalahan yang berbeda dari hasil pekerjaan siswa.Faktor yang melatar belakangi kesulitan belajar operasi hitung pembagian, terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, (1) kognitif siswa meliputi belum menguasai konsep, keterampilan dasar operasi perkalian dan pengurangan yang masih lemah, (2) kurangnya perhatian siswa saat menerima pelajaran, (3) minat belajar yang masih rendah. Sedangkan faktor eksternal yaitu orang tua dan keluarga, kurangnya perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar anak dirumah,dan kurangnya pengetahuan orang tua. }, issn = {2656-4459}, pages = {144--153}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3932}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3932} }