@article{pgsdunars, author = {Dassucik Dassucik and Ahmad Rasyidi and Muhammad Iqbal A and Rian Agus P}, title = { PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA KAMPUNG BLEKOK DESA KLATAKAN SITUBONDO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {13}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Kegiatan wisata yang ditawarkan di Kota Situbondo diantaranya adalah wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata religi, wisata belanja, dan masih banyak kegiatan wisata lainnya Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh atribut produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Kampung Blekok Desa Klatakan Situbondo. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa keseluruhan variabel bebas yaitu atribut produk wisata dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan persamaan dapat diketahui bahwa variabel bebas yang paling pengaruh adalah variabel word of mouth (wom) dengan koefisien 0.496, kemudian di ikuti variabel atribut produk wisata dengan koefisien 0.296. Apabila nilai variabel Y (keputusan berkunjung atau constans naik 1%, maka X1 (variabel atribut produk wisata) naik sebesar 0.296 dan X2 (variabel word of mouth) naik sebesar 0.496.. Nilai F hitung sebesar 63.522 dengan tingkat signifikasi sebesar 0.05 dan df₠2 dan df₂ 72 didapat nilai F tabel = 3.12 karena nilai F hitung (63.522) ˃ F tabel (3.12) atau sig 0.000 jauh lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen atribut produk wisata dan word of mouth secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung Koefisien determinasi (Adjusted R²) bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan variabel bebas yaitu atribut produk wisata dan word of mouth mampu menjelaskan variabel terikat yaitu keputusan berkunjung Berdasarkan tabel diatas diketahui nilai adjusted R square sebesar 0.628 (62.8%), ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana variabel bebas yaitu atribut produk wisata dan word of mouth memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan berkunjung sebesar (62.8%) sedangkan sisanya 100 % - 62.8% = 37.2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam analisis regresi ini}, issn = {2656-4459}, pages = {241--256}, doi = {10.36841/pgsdunars.v13i1.3143}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3143} }