@article{pgsdunars, author = {sri tutik}, title = { PENDEKATAN PERSONALIA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS GURU MENGELOLA WAKTU BELAJAR DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {11}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Proses manajemen tenaga kependidikan dalam sebuah lembaga pendidikan dimulai dari perencanaan pegawai, rekrutmen pegawai, penempatan dan penugasan pegawai, pembinaan dan pengembangan pegawai, dan pemberhentian pegawai. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, peneliti melihat kondisi bahwa perencanaan personalia masih bergantung pada ketentuan lembaga di atas sekolah seperti dinas pendidikan dan yayasan sehingga sekolah tidak mempunyai kewenangan untuk melakukan perencanaan, rekrutmen personalia masih belum sesuai dengan kebutuhan sekolah, masih ada personalia yang merangkap jabatan dalam bertugas dan ada juga personalia yang belum memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugasnya, keterbatasan dana yang dimiliki sekolah dalam melaksanakan pelatihan dan pengembangan personalia, dan juga para guru dan pegawai memiliki motivasi yang kecil dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Pendekatan Personalia untuk Meningkatkan Efektifitas Guru dalam Mengelola Waktu Belajar di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2015/2016.Metode Penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah. Hasilnya Penerapan pendekatan personalia di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2015/2016 sangat efektif bagi guru dan Pendekatan personalia dapat meningkatkan efektifitas guru dalam mengelola waktu belajar mencapai 74% di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2015/2016}, issn = {2656-4459}, pages = {261--266}, doi = {10.36841/pgsdunars.v11i1.1840}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1840} }