HIDROGEL SEBAGAI MEDIA TANAM ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN NILAI ESTETIKA TANAMAN HIAS DAN RUANGAN UNIK

  • Sasmita Sari Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Martono Achmar Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Teknologi hidrogel dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk media tanam di dalam ruangan. Hidrogel adalah jaringan polimer tiga dimensi dengan ikatan silang (crosslinked) pada polimer hidrofilik, yang mampu swelling atau menyimpan air dan larutan fisiologis sampai dengan ribuan kali dari berat keringnya, serta tidak mudah larut. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang budidaya tanaman hias menggunakan media hidrogel maka dilakukan dengan cara bekerjasama dan menggunakan jejaring organisasi ibu-ibu PKK di desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Kegiatan dilakukandi bulan Juli 2018. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari 4 (empat) metode, yaitu metode survey, metode ceramah, metode praktek atau pendampingan dan metode monitoring. Kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi, diskusi terfokus atau FGD, praktek atau pendampingan, monitoring dan evaluasi. Dari hasil pengabdian banyak pengalaman dan manfaat yaang diperoleh. Ibu-ibu PKK sangat antusias mengikuti praktek atau pendampingan karena budidaya tanaman hias dengan dengan media hidrogel merupakan ilmu baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S.H. 2012. Teknologi Nano untuk Pertanian: Aplikasi Hidrogel untuk Efisiensi Irigasi. Jurnal Sumberdaya Lahan, Volume 6, No. 1. ISSN : 1907-0799.

Ayuningtyas, Fathia. 2012. Pembuatan dan Karakterisasi Beads Hidrogel dari Berbagai Polimer sebagai Media Tanam. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Paralel Departemen Farmasi Depok.

Cahyanti, L.D.,dkk. 2017. Pemberdayaan Santri sebagai Upaya Pengembangan Budidaya Tanaman Hias di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri 1 Mantingan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, Volume 2, No.1, Juni 2017.

Muhammad, N.S., dkk. 2018. Pengaruh Aplikasi Hidrogel dan Kompos terhadap
Retensi Air dan Pertumbuhan Tanaman Sorgum pada Ultisol. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan, Volume 5, No. 1, e-ISSN : 2549-9793 : 801-810.

Sari, U.F. 2010. Budidaya Tanaman Hias Philodendron di Deni nursery and GardeningKarangpandan. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret : Surakarta.

Wardani, Y.E. 2013. Hoki (Horticulture For Kidz) Pembangun Semangat Generasi Muda Perkotaan dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Pertanian dan Lingkungan. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Widyastuti, Endang. 2008. Peran Ipteks dalam Agribisnis Tanaman Hias. Jurnal Agritech, Volume X, No. 2, Desember (71-81).
Published
2018-12-30
How to Cite
SARI, Sasmita; ACHMAR, Martono. HIDROGEL SEBAGAI MEDIA TANAM ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN NILAI ESTETIKA TANAMAN HIAS DAN RUANGAN UNIK. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 101-106, dec. 2018. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/252>. Date accessed: 12 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v2i2.252.
Section
Articles