@article{consilium, author = {Lita Erdiana}, title = { EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {4}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Differentiated Instruction (DI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed-method) dengan pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi kelas, wawancara guru, dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan DI mampu meningkatkan rata-rata nilai siswa sebesar 20%, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Sebanyak 85% siswa merasa lebih mudah memahami materi, sementara 88% lebih termotivasi setelah pembelajaran dengan DI. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan tantangan dalam implementasi DI, seperti kesiapan guru, keterbatasan waktu, dan penyusunan materi yang beragam. Oleh karena itu, dukungan pelatihan bagi guru serta kebijakan pendidikan yang lebih fleksibel diperlukan untuk memastikan efektivitas DI dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, DI terbukti sebagai strategi pembelajaran yang inklusif dan adaptif, yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menyesuaikan pendekatan pengajaran berdasarkan kebutuhan individu mereka.}, issn = {2775-9466}, pages = {633--645}, doi = {10.36841/consilium.v4i2.6220}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/6220} }