@article{consilium, author = {yesi puspitasari and irma noervadila}, title = { PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH BIOLOGI DASAR DI STKIP PGRI SITUBONDO}, journal = {Consilium: Education and Counseling Journal}, volume = {2}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menjelaskan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar biologi dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian siswa Jurusan Matematika semester I, III dan V di STKIP PGRI Situbondo. Hasil angket berupa data kuantitatif diolah menggunakan program Microsoft Excell dan SPSS. Untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Dasar di STKIP PGRI Situbondo, maka dengan menghitung korelasi antara variable X dan Y. Hasil penghitungan diperoleh nilai Rxy sebesar 25,57. Untuk menghitung apakah hipotesa yang diajukan diterima atau ditolak, maka harga r hitung dibandingkan dengan r tabel . Dari hasil perbandingan dengan r hitung dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 40 0rang diperoleh r tabel = 0,320 sedangkan hipotesa Rxy sebesar = 25,57. Ada pengaruh penerapan pemebelajaran kooperatif (STAD ) terhadap hasil belajar matakuliah biologi dasar.}, issn = {2775-9466}, pages = {146--152}, doi = {10.36841/consilium.v2i1.1611}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/1611} }