ANALISIS INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA DAERAH SIKKA PADA KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK

  • Agustina Maria Lidi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Robertus Adi Sarjono Owon Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora, IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Bernadus Bura Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora, IKIP Muhammadiyah Maumere

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk interferensi sintaksis bahasa daerah Sikka pada karangan narasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data hasil karangan narasi peserta didik.  Data tersebut dianalisis dengan cara membaca, memeriksa, menilai dan mengelompokkan kalimat yang di dalamnya terdapat interferensi sintaksis. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan atau karangan narasi peserta didik di SMPK Sanctissima Trinitas Bloro kelas VII yang berada di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia. Data yang dianalisis adalah frase, klausa dan kalimat yang diduga mengandung interferensi bahasa Sikka ke dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian terdapat interferensi sintaksis pada karangan narasi peserta didik. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak yang terinterferensi pada bentuk frase, klausa dan kalimat. Dari kejadian ini dapat dikatakan bahwa peserta didik memiliki pengetahuan yang minim mengenai bentuk dan pola struktur penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, kalimat yang digunakan dalam menulis kurang efektif dan tidak sesuai dengan struktur penulisan bahasa Indonesia yang baku.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk interferensi sintaksis bahasa daerah Sikka pada karangan narasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data hasil karangan narasi peserta didik.  Data tersebut dianalisis dengan cara membaca, memeriksa, menilai dan mengelompokkan kalimat yang di dalamnya terdapat interferensi sintaksis. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan atau karangan narasi peserta didik di SMPK Sanctissima Trinitas Bloro kelas VII yang berada di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia. Data yang dianalisis adalah frase, klausa dan kalimat yang diduga mengandung interferensi bahasa Sikka ke dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian terdapat interferensi sintaksis pada karangan narasi peserta didik. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa banyak yang terinterferensi pada bentuk frase, klausa dan kalimat. Dari kejadian ini dapat dikatakan bahwa peserta didik memiliki pengetahuan yang minim mengenai bentuk dan pola struktur penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itu, kalimat yang digunakan dalam menulis kurang efektif dan tidak sesuai dengan struktur penulisan bahasa Indonesia yang baku.

References

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Kasni, N. W. (2016). Klausa Keterangan Dalam Bahasa Sumba Dialek Waijewa (BSDW). RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 2(1), 95-109.

Rahimah, A., & Syahrul, R. (2015). Interferensi Bahasa Mandailing dalam Bahasa Indonesia Tulis Siswa Kelas VIII MTS Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1).

Rahmayana, R., Mantasiah, R., Hasmawati, H., & Muddin, M. (2018). INTERFERENSI POLA KALIMAT BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).

Ramendra, D.P. 2013. “Variasi Pemakaian Bahasa pada Masyarakat Tutur Kota Singaraja”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol.2, No.2, Oktober, hal 275-287.

Saenab, S. (2018). Interferensi Sintaksis Bahasa Bugis Terhadap Penggunaan Bahasa Bahasa Indonesia dalam Interaksi Belajar Mengajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Unggulan Maros. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018.

Sumarsih, S., & Hum, M. (2017). Analisis Interferensi Pada Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Menulis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

ZULKIFLI, Z. (2018). Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia dalam Karangan Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

https://id.m.wikipedia.org (03 Mei 2020)
Published
2020-07-01
How to Cite
LIDI, Agustina Maria; OWON, Robertus Adi Sarjono; BURA, Bernadus. ANALISIS INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA DAERAH SIKKA PADA KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 39-52, july 2020. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/571>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.571.
Section
Articles