@article{cermin_unars, author = {Minatun Nadlifah and Octavina Putri}, title = { KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI MAPLE}, journal = {CERMIN: Jurnal Penelitian}, volume = {7}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penggunaan teknologi dalam pembelajaran mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Menganalisis level kemampuan komunikasi matematis mahasiswa menjadi penting untuk dikaji sebagai implikasi penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi Maple. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif-kuantitatif. Data dikumpulkan dari hasil kinerja 111 mahasiswa Pendidikan Matematika yang telah menyelesaikan permasalahan matematika menggunakan bantuan aplikasi Maple. Adapun level kemampuan komunikasi matematis dianalisis berdasarkan dua aspek komunikasi tertulis, yakni kemampuan (1) mengekspresikan ide matematis melalui manipulasi aljabar maupun gambar grafis, dan (2) menginterpretasi output pada aplikasi Maple. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 36% mahasiswa berada di level 4. Mahasiswa pada level ini telah memenuhi kedua aspek komunikasi tertulis secara tepat. Di sisi lain, sebanyak 35% mahasiswa berada di level 3, 18% mahasiswa berada di level 2 dan 11% mahasiswa lainnya berada di level 1. Hasil ini menunjukkan tingginya prosentase hasil kinerja mahasiswa yang tidak memenuhi aspek komunikasi matematis. Dengan kata lain, mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan penyelesaian masalah matematika berbantuan aplikasi Maple.}, issn = {2615-3238}, pages = {84--95}, doi = {10.36841/cermin_unars.v7i1.2887}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/2887} }