@article{acton, author = {Usrotul Hasanah and Jamhuri Jamhuri}, title = { PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MOTIVASI MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPPKAD) SITUBONDO}, journal = {ACTON}, volume = {16}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {}, abstract = {PBB adalah pajak dengan sistem pemungutan. Sistem Semi Self Assessment dimana fiskus lebih proaktif dan kooperatif melakukan perhitungan, menentukan pajak yang terutang dan mendistribusikannya kepada pemerintah daerah melalui Dispenda berdasarkan Surat Tanda Pendaftaran Objek Pajak (SPOP) yang diisi oleh Wajib Pajak atau verifikasi fiskus. Di lapangan, Pemerintah Daerah melalui Kecamatan, Kelurahan/Desa, bahkan mendistribusikan Surat Pemberitahuan Pajak (SPPT) ke tangan wajib pajak PBB. Pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah 92 penerima layanan dari 3 bulan terakhir. Sampel dalam penelitian ini adalah 92 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hipotesis diterima/ditolak, maka dihitung harga dibandingkan dengan rtabel. Dari hasil perbandingan dengan r hitung dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden 99 orang diperoleh rtabel = 0,198 sedangkan rxy hipotesisnya adalah 0,992. Dari perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 5535 sedangkan Ftabel sebesar 3,947 pada db = 92 - 1 - 1 = 90 dengan taraf signifikansi 5% artinya Fhitung > Ftabel sehingga dapat dikatakan ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap motivasi dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).}, issn = {2986-2655}, pages = {13--30}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/acton/article/view/1518} }