Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Animaker Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Literasi Multibudaya Dalam Pembelajaran IPAS
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat dalam era revolusi industri 4.0 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Meskipun anak-anak zaman sekarang lebih tertarik pada media digital, kenyataannya banyak sekolah yang masih menggunakan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti animaker, berpotensi meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep literasi multibudaya dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan animaker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan animaker sebagai media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap literasi multibudaya dengan signifikan. Kesimpulannya, pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran yang lebih menyenankan.