Perguruan tinggi sebagai institusi formal yang mengemban tanggung jawab akademis dalam mempersiapkan sumber daya manusia terdidik, memiliki peran strategis dalam merumuskan mekanisme rekruitmen peserta didik yang efektif dan profesional. Peserta didik dalam hal ini mahasiswa, merupakan ujung tombak bagi penyelenggaraan institusi perguruan tinggi dimana paramater kualitas pengajaran perguruan tinggi terukur dari kualitas akademik peserta didiknya. Oleh karena itu,  mekanisme penerimaan calon mahasiswa baru selayaknya dirumuskan secara komprehensif dengan mempertimbangkan aspek efektifitas dan bersifat lintas wilayah.

Rektor Unars dan Narasumber

Rektor Unars dan Narasumber

Menyadari pentingnya penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo menggelar “ SARASEHAN KOORDINASI DAN PERSIAPAN FORMA PTN DAN PTS SE BESUKI RAYA“ bertempat di Aula Baru Kampus I UNARS pada 16 Februari 2016 yang dihadiri oleh sekira 30 perwakilan perguruan tinggi negeri dan swasta se Besuki Raya. Salah satu tujuan dari kegiatan sarasehan ini adalah untuk membentuk jejaring koordinasi dan silaturahmi perguruan tinggi negeri dan swasta se Besuki Raya dalam merumuskan mekanisme seleksi masuk bersama perguruan tinggi. Diharapkan dengan adanya SMBPTBR ini , calon mahasiswa baru mendapatkan kemudahan dalam mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi didaerahnya masing masing sesuai dengan pilihan perguruan tinggi yang dikehendakinya.

Sekretaris Forma se Besuki Raya, Prof Moh Saleh

Sekretaris Forma se Besuki Raya, Prof Moh Saleh

Profesor Moh Saleh selaku sekretaris FORMA Besuki Raya menyampaikan bahwa pelaksanaan sarasehan SMBPTBR memiliki makna penting bagi koordinasi antar perguruan tinggi se Besuki Raya dalam melakukan ekspansi rekruitmen calon mahasiswa baru yang efektif dan murah karena bersifat lintas wilayah. Sementara itu Rektor Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Ir Martono Achmar, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh perwakilan perguruan tinggi yang hadir dan telah memberikan kepercayaan kepada UNARS sebagai tuan rumah penyelenggaraan sarasehan SMBPTBR 2016. Rektor UNARS menambahkan “ Tantangan ke depan di era informatika ini , kompleksitas permasalahan di dunia perguruan tinggi akan bertambah.

Perwakilan perguruan tinggi dan undangan

Perwakilan perguruan tinggi dan undangan

Maka upaya membangun jejaring koordinasi perguruan tinggi dalam suatu regional wilayah dapat memudahkan dalam menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi bersama” . Hadir pula dalam kegiatan sarasehan, Ketua Pembina Yayasan Abdurachman Saleh Situbondo Drs..H.RB M Rofik Kosoemodilogo,SH,MM yang menitipkan pesan agar perguruan tinggi memberikan kontribusi konkrit pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam membangun kemajuan daerahnya masing masing dengan berpartisipasi mewujudkan sistem birokrasi yang profesional. ( W Aves ) .


Category: Kegiatan akademik

Tags: , , , , ,