Sebanyak 574 mahasiwa dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Abdurachman Saleh Situbondo (UNARS) mengikuti prosesi wisuda bertempat di alun alun kota Situbondo pada 19 Desember 2015 lalu. Wisuda ke XX kali ini makin meneguhkan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo sebagai lembaga penyumbang sumberdaya manusia terdidik dan profesional sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan.

Wisudawan/wati sebanyak 574 orang merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian sebanyak 27 orang , fakultas sastra sebanyak 37 orang, fakultas 49 orang, fakultas ilmu sosial dan poiitik sebanyak 96 orang , fakultas ekonomi sebanyak 126 orang dan fakultas keguruan ilmu pendidikan sebanyak 239 orang.

Penyelenggaraan wisuda sarjana UNARS ke XX kali ini berbeda dengan penyelenggaran wisuda sarjana sebelumnya. Wisuda Sarjana UNARS ke XX yang sedianya dilaksanakan di Gedung GOR Baluran Situbondo pada tahun ini diselenggrakan di Alun Alun Kota Situbondo. Hal tersebut memberikan dampak positif bagi UNARS sebagai lembaga pedidikan tinggi di Situbondo untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada masyarakat Situbondo umumnya tentang prosesi akademik Rapat Senat Terbuka UNARS serta prosesi wisuda itu sendiri. Selain itu , penyelenggaraan prosesi wisuda di ruang publik seperti alun alun kota dapat lebih mendekatkan institusi perguruan tinggi kepada masyarakat dalam hal layanan pendidikan.

Rektor Unars Situbondo, Ir Martono Achmar, MM menjelaskan bahwa wisuda sarjana meerupakan kontribusi lembaga yang dipimpinnya terhadap pengembangan SDM berpendidikan tinggi bagi pembangunan bangsa dan negara sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 pada aspek mencerdaskan kehidupan bangsa. Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh Situbondo , Drs H RMB. Rofik Koesoemodilogo, SH,MM menerangkan dalam kurun waktu 35 tahun kiprah Unars telah banyak pengalaman yang diperoleh . Misalnya, dari enam program studi , empat diantaranya telah memperoleh akreditasi B dan dua prodi lainnya yang baru berdiri masih terakreditasi C oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Selain itu, akreditasi kampus unggulan (AKU) dari lebih 300 perguruan tinggi diwilayah Kopertis VII Jawa Timur yang pada setiap tahunnya selalu dilakukan evaluasi dan penilaian , Unars Situbondo dua kali berturut turut sempat juga meraih status Kampus Unggulan.

Minat calon mahasiswa untuk dapat menimba ilmu di Unars Situbondo kian tinggi .Sebab itulah kampus Unars makin hari makin berlembang pesat. Kompleks perkampungan mahsiswa pun berkembang dikawasan sumberkolak dengan kawasan seluas enam hektare.
“Dua hektar diantaranya merupakan bantuan presiden Soeharto kala itu . Dari lahan ini telah berdiri gedung FKIP PGSD, gedung Fakultas Pertanian, fasilitas olah raga, dan outbound serta bangunan bagunan lama ‘ papar Rofiq seraya menitipkan pesan kepada wisudawan/wati agar tetap menjaga nama baik almamater.

Mengakhiri sambutannya Rofiq menyampaikan bahwa ditahun mendatang UNARS akan melengkapi program studinya dengan lembaga ilmu pengetahuan alam (MIPA) . Hal ini sesuai ketentuan Kemenristek DIKTI bahwa sebuah universitas wajib berprinsip antara ilmu sosial dan ilmu eksakta dengan perbandingan 4:6 (4 Ilmu sosial dan 6 Ilmu Eksak) . Sehingga nantinya Unars Situbondo selain memiliki enam prodi yang sudah berjalan juga harus memiliki program studi lain seperti Agrotekhnologi, Tekhnologi Pangan, Tekhnologi Informatika, Pendidikan matematika, Pendidikan Biologi, Fakultas Perikanan, Fakultas Akuntasi Ekonomi Syariah dan lain lain.


Category: Kegiatan akademik

Tags: , , ,