Komitmen Universitas Abdurachman Saleh Situbondo untuk  mengimplementasikan tujuan dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi serta dalam rangka menjawab tantangan global dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan akademik dalam bidang tekhnologi , termediasi dalam kegiatan akademik berupa workshop “Menuju Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh Situbondo”  yang diselenggarakan pada 28 September 2013 bertempat di Pendapa Kabupaten Situbondo.

 

Workshop “Menuju Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh” merupakan pembekalan akademis kepada sekira 41 mahasiswa penerima beasiswa S2 DIKTI melalui jalur UNARS,   yang dipersiapkan sebagai tenaga pengajar  Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh Situbondo dan diproyeksikan akan memulai pengabdian akademiknya pada tahun 2016. Perubahan konsentrasi studi yang diorientasikan pada bidang tekhnologi , dimaksudkan sebagai jawaban terhadap kebutuhan sumber daya manusia di bidang ketekhnikan baik pada tataran ilmu teoritik (ilmuwan, akademisi ) ,  praksis empirik ( engineer, mekanik, tekhnisi , dsb)  , ataupun lintas disipliner ( technopreneur, agroteknik,technokrat, dsb ) dimana Indonesia secara masif membutuhkan lebih banyak lagi SDM dengan keunggulan akademis dan praksis  di bidang tekhnologi.

Dalam paparan akademis yang disampaikan oleh Prof Lilik  selaku pembicara inti workshop terdapat 4 pondasi dasar yang dibutuhkan oleh UNARS dalam menuju kampus yang berbasis tekhnologi . Empat hal fundamental tersebut meliputi ;

  1.  Ketersediaan dosen /staf pengajar di bidang tekhnologi ,
  2. Akses informasi akademik yang berhubungan dengan kajian teoritis dan aplikasi ketekhnikan seperti kerja sama dengan perguruan tinggi berbasis tekhnologi , lembaga penelitian, perusahaan tekhnik, ataupun lembaga keilmuan tekhnologi lainnya.
  3. Infrastruktur Akademik (Gedung Kuliah ) dan Infrastruktur Penunjang  seperti Laboratorium, Rumah Kaca, Ruang Uji Hasil Produksi , dan sejenisnya.
  4. Regulasi publik  di bidang pengembangan tekhnologi baik dalam skala nasional, regional, ataupun regulasi daerah setempat yang memberikan ruang eksperimentasi secara luas bagi upaya pengembangan tekhnologi serta penerapannya pada masyarakat.

Menelisik dari pemaparan tersebut , secara umum Universitas Abdurachman Saleh telah memenuhi keempat pondasi dasar yang dibutuhkan untuk menjadi universitas yang berbasis tekhnologi. Hal ini dibuktikan dengan diberangkatkannya 41 orang calon mahasiswa  penerima beasisiwa S2 untuk menempuh studi pasca sarjana di beberapa perguruan tinggi berbasis tekhnologi seperti ITS dan ITB serta menjalin kerjasama akademik dengan perguruan tinggi tersebut dalam penyediaan akses informasi akademik yang berhubungan dengan kajian teoritis dan aplikasi ketekhnikan. Selain itu,  Universitas Abdurachman Saleh Situbondo telah memulai pembangunan kampus terpadu di atas lahan puluhan hektar yang berlokasi di desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan , Situbondo,  dimana kampus terpadu ini nantinya  akan menjadi pusat kegiatan akademik Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh Situbondo (UNTARS ) .

Dengan ditandatanganinya MOU (Nota Kesepahaman ) antara UNARS dan DPRD Situbondo selaku pemegang kebijakan publik  hal tersebut menujukkan komitmen Universitas Abdurachman Saleh Situbondo untuk turut berperan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal ini  putra daerah Situbondo khususnya dan Indonesia umumnya di bidang penguasaan tekhnologi. Kesepakatan bersama tersebut juga dimaksudkan sebagai wujud nyata implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya aspek pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh sivitas akademika Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh Situbondo nantinya melalui piranti teknologi yang dihasilkan kepada masyarakat.

Workshop “ Menuju Universitas Tekhnologi Abdurachman Saleh Situbondo” dihadiri oleh Ketua DPRD Situbondo, Jajaran MUSPIDA, Ketua Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh Situbondo, Perwakilan DIKTI, perwakilan guru SMA dan SMK se kabupaten Situbondo, serta elemen mahasiswa. Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Drs  H. R.B.M Roefik Koesoemodilogo, SH, MM selaku ketua Yayasan Pendidikan Abdurachman Saleh Situbondo berakhir pada pukul 15. 00 WIB.  (Aves)


Category: Uncategorized